Culling


Seleksi dan pengafkiran adalah dua istilah yang menyatakan pekerjaan yang sama, yaitu memilih individu-individu dari salah satu kelompok ayam akan tetapi sasaran pemilihan individu ayam berbeda atau bertolak belakang.

Culling atau pengafkiran ialah memilih individu ayam yang tidak produktif dan ayam-ayam yang afkir dikeluarkan dari kelompok-kelompok ayamdan tidak dipelihara lain lalu dijual.

Culling harus dilakukan secara kontinyu dengan penuh dedikasi dan bertanggung jawab artinya jangan sampai melewati batas yang dapat menimbulkan kerugian.

Keuntungan dari culling adalah :

(1). Kepadatan ayam persatuan luas kandang akan berkurang, sehingga ayam yang produktif akan senang serta akan nyaman berproduksi

(2). Pengurangan kemungkinan adanya penyakit menyebar dari ayam yang tidak produktif keayam yang produktif

(3). Pengurangan pemakaian tenaga kerja

(4). Penambahan uang masuk dari hasil penjualan ayam afkir

(5). Jumlah ransum yang dibutuhkan perhari berkurang

Beberapa faktor yang harus diperhatikan pada saat pengafkiran untuk mencapai hasil ekonomis dan memuaskan peternak terlebih dahulu harus mengetahui jenis ayam, komposisi dan kwalitas ransum yang dipakai, berapa banyak pakan yang telah diberikan, apakah kelompok ayam itu pernah atau sedang terserang penyakit serta harus mengetahui umur ayam, produksi, pemeliharaan masa muda dan mulai bertelur karena semua faktor ini mempengaruhiberat badan, waktu dan ukuran rontok bulu dan sifat-sifat lain dipergunakan sebagai dasar pelaksanaan culling.

Waktu culling dapat dilakukan setiap waktu dan intensifikasi pekerjaan terutama pada waktu harga telur rendah atau harga ransum terlalu tinggi. Untuk menjaga ayam didalam kandang tidak ribut dan tidak sulit menangkapnya, culling dilakukan pada sore hari atau malam hari. Juga culling dilakukan secara berkala pada ayam-ayam yang mulai ganti bulu.

0 Responses